Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

sumber gambar : http://dinaamalianasution.blogspot.co.id

Sangat penting bagi ibu hamil untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan memiliki kandungan gizi yang cukup banyak. Meskipun asupan gizi yang diperlukan untuk seorang ibu hamil hampir sama dengan gizi pada umumnya, tetapi seiring dengan kehamilanya makan ada asupan-asupan tambahan yang memang sangat dibutuhkan untuk kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. Disinilah seorang ibu hamil diharuskan untuk dapat memilih makanan yang sehat, sebab makanan yang sehat untuk ibu hamil dapat memberikan efek positif bagi kesehatan ibu dan janin. Ketika sedang hamil anda juga harus mendapatkan asupan nutrisi dari makanan yang anda konsumsi setiap harinya apalagi ketika  anda berada pada trimester pertama dimana janin sangat membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dalam tumbuh kembangnya.

Selain membutuhkan asupan gizi yang cukup, ibu hamil juga membutuhkan nutrisi yang memang harus ditingkatkan seperti protein, asam folat, kalsium dan vitamin selama masa kehamilan berlangsung, dimana masa kehamilan sang ibu merupakan masa yang penting untuk menjaga tumbuh kembang janin selama sembilan bulan. Dan untuk itu maka dalam artikel ini kami mencoba untuk merekomendasikan makanan sehat untuk ibu hamil yang pastinya bisa digunakan sebagai rujukan untuk makanan sehat bernutrisi selama menjalani masa kehamilan sembilan bulan dan bisa menjaga kesehatan bayi anda.

1.) Nasi Merah

Nasi merah memiliki serat yang tinggi, dan karbon hidrat serta antioksidan yang tinggi. Serat pada nasi merah dapat membantu mengurangi resiko sembelit,  karbon hidrat dalam nasi merah sangat diperlukan untuk memberikan energy pada ibu hamil dan juga janin yang ada dalam kandungannya. Sementara anti oksidan dalam beras merah dapat digunakan untuk menjaga kekebalan tubuh anda selama kehamilan. Jadi bagi anda yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi nasi merah sebagai makanan sehat anda setiap harinya dan tentunya akan memberikan banyak sekali energy yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil.

2.) Makanan dari Jenis Kacang-Kacangan

Bagi ibu hamil tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi makanan dari jenis kacang-kacangan ini. Kacang-kacangan banyak mengandung serat dan protein. Serat pada kacang-kacangan dapat mengurangi resiko sembelit dan gangguan pencernaan saat anda hamil.pada saat ini banyak sekali  Jenis kacang-kacangan yang bisa anda pilih untuk dijadikan sebagai makanan sehat selama masa kehamilan yaitu seperti, kacang buncis, kacang hitam dan kacang almond.

3.) Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil, ini dikarenakan ikan salmon memliki Kandungan omega-3 yang tinggi dan sangat baik untuk janin dan ibu hamil. Selain itu menurut penelitian ikan salmon juga memiliki kandungan merkuri yang lebih sedikit dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya. Karena itu, bagi anda ibu hamil cobalah untuk memasukkan ikan salmon kedalam menu yang wajib anda konsumsi setiap hari.

4.) Sayuran

Sayur memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan seseorang terutama ibu hamil, karena di dalam sayur terdapat berbagai macam mineral, kalsium, nutrisi  dan zat gizi yang tidak dapat ditemukan dalam bahan makanan yang lainnya. Salah satunya adalah asam folat yang bergunan untuk mengurangi risiko kecacatan yang terjadi pada bayi lahir dan menentukan pembentukan tabung saraf bayi anda diawal kehamilan. Terdapat beberapa jenis sayuran yang sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang hamil. Semisal; brokoli, labu siam, kacang panjang, terung ungu, bayam dan jagung. Begitu banyak sekali manfaat sayuran bagi ibu hamil, karenya mulailah untuk selalu rajin mengkonsumsi sayuran mulai dari saat ini,terlebih ketika anda sedang hamil

5.) Buah-Buahan  

Buah- buahan memilik kandungan vitamin dan berbagai macam mineral yang berperan penting untuk menjaga kesehatan ibu dan juga janin. Tedapat beberapa buah-buahan yang sangat baik dikonsumsi untuk gizi ibu hamil diantaranya yaitu jeruk yang dibutuhkan untuk menambah sistem imunitas dan dapat mencegah terjadinya infeksi, ini karena jeruk memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi.  Selain jeruk pisang dan alpukat juga dapat dikonsumsi untuk mencukupi gizi kehamilan. Kandungan kalium yang terdapat pada pisang dapat digunakan sebagai tambahan energi untuk ibu hamil, buah pisang juga sangat baik untuk sistem saluran pencernaan. Selain itu alpukat juga salah satu pilihan tepat untuk gizi kehamilan. Alpukat yang merupakan salah satu sumber lemak nabati yang diperlukan oleh tubuh. lemak yang terkandung dalam alpukat ini bermanfaat untuk membantu perkembangan dari otak janin, selain itu alpukat juga banyak mengandung asam folat dan vitamin B kompleks yang baik untuk membantu perkembangan tulang belakang pada janin.

6.) Yogurt dan Susu

Di dalam susu terdapat beberapa kandungan mineral dan kalsium pada susu. Kalsium bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin serta dapat mengurangi risiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis pada ibu hamil. Selain itu susu juga mengandung mineral lainnya seperti vitamin A, vitamin D, vitamin C dan vitamin B2 dan B3. Susu juga dapat memberikan kenyamanan istirahat anda sehingga lebih rileks. Sedangkan yogurt membantu pencernaan selama kehamilan.

7.) Tahu dan Tempe

Seiring bertambahnya masa kehamilan yang ada rasakan, maka perlu bagi anda untuk teratur mengkonsumsi tahu dan tempe karena memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dapat membantu dalam memberikan kebutuhan protein. Kebutuhan protein dalam tubuh akan meningkat selama kehamilan anda dikarenakan janin anda membutuhkannya dalam perkembangannya. Tahu dan tempe juga memiliki protein nabati yang membantu perkembangan janin anda.

Itulah tadi penjelasan tentang rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil yang sangat baik untuk dijadikan asupan gizi bagi kehamilan. Selain yang sudah kami sebutkan diatas, masih terdapat beberapa jenis makanan sehat lainnya yang dapat di konsumsi oleh ibu hamil. Tapi kami rasa apa yang sudah kami jelaskan di atas dapat mewakili semuanya. Dan  paling penting adalah seorang wanita hamil harus didorong untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan kontrol berat terhadap penambahan berat badan selama kehamilan. Kenaikan berat badan ideal selama kehamilan yaitu berkisar antara 12-15 Kg. semoga apa yang kami sampaikan dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.